Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Minggu, 04 Oktober 2009

TBM Nusantara Menjadi Matahari Nusantara

Bertempat di balai RT IV RW V Kelurahan Kali Rungkut, para pengurus TBM Nusantara yang rata-rata para ibu rumah tangga beserta perangkat RT duduk saling berdempetan. Mereka sedang menunggu dimulainya diskusi pembuatan program kerja TBM. Balai RT yang sekaligus direncanakan sebagai tempat TBM memang ukurannya tidak terlalu.besar, sekitar 4x 1,5 M. Terdapat dua ruang di dalam balai yaitu ruang depan untuk pelayanan warga dan bagian belakang yang digunakan sebagai gudang penyimpanan perlengkapan milik RT. Di antara kedua ruangan itu terdapat dinding batu bata yang berfungsi sebagai pembatas. Diskusi dilakukan di ruang pelayanan. Karena ruangan ini tidak terlalu besar maka beberapa peserta memilih duduk di luar bangunan. Sebelum menjadi TBM, rencananya dinding pemisah akan dihancurkan sehingga ruangan pelayanan yang menjadi tempat rak beserta buku akan menjadi lebih luas.

Diskusi dibuka oleh ketua TBM, Choirul Mahpuduah, biasa dipanggil ibu Irul. Kemudian pendamping TBM memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan acara diskusi berkaitan dengan pelatihan di Tretes yang telah selesai kurang lebih seminggu yang lalu. ”Jadi diskusi ini sebagai media untuk menyempurnakan program kerja yang sebelumnya telah dibuat pada saat pelatihan” demikian ungkap pendamping TBM. Lebih lanjut pendamping mengatakan, dengan hadirnya jumlah orang yang lebih banyak diharapkan dapat memberi masukkan atau ide-ide yang bersifat membangun.

Setelah penjelasan dari pendamping, acara dilanjutkan oleh ketua TBM. Dua lembar kertas plano bertuliskan program kerja TBM Nusantara 2009 tertempel di dinding balai. Dengan suara yang keras dan lugas, ketua TBM memaparkan program kerja. Sementara peserta duduk dilantai beralas karpet, dengan kepala agak mendongak ke atas melihat ke arah kertas plano. Sesekali mereka mengambil hidangan camilan seperti kue kering, kripik, serta sari kedelai sebagai minumannya.

Jarum jam terus bergulir, hari semakin siang. Terik sinar matahari terasa sudah. Hawa di dalam balai RT terasa hangat meskipun hembusan angin yang berasal dari kipas elektronik tidak pernah berhenti sedetikpun semenjak dimulainya diskusi jam 09.00. Siang itu, matahari menjadi saksi tersusunnya program kerja TBM baru di Surabaya, TBM Nusantara. Di antara program kerja itu adalah sosialisasi, kerja bakti, berbagai pelatihan dan unit usaha. Diharapkan TBM Nusantara senantiasa menjadi Matahari yang memberikan kehangatan bagi warga Kelurahan Kali Rungkut dan sekitarnya. Semoga!

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.