Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Minggu, 04 Oktober 2009

Menghidupkan Kembali TBM dengan Semangat Untuk Maju

Minggu, 30 Agustus 2009, bertempat di TBM Lingkar Pustaka, Desa Suwayuwo, Pasuruan, diadakan diskusi penyusunan program kerja dan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan dan kepengurusan TBM. Hadir dalam acara itu beberapa pengurus dan anggota TBM. Diskusi sebenarnya diagendakan pada tanggal 19 Agustus 2009. Tetapi pada saat staff YPPI mendatangi TBM, hanya ada 1 anggota TBM yang hadir. Hal ini disebabkan informasi tentang adanya diskusi program kerja kurang tersosialisasikan dengan baik.

Selama beberapa bulan terakhir, aktifitas di TBM kurang berjalan maksimal. Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku memang masih berlangsung. Tetapi jumlah peminjam maupun pengunjung sangat sedikit. Hal tersebut tidak lepas dari kurang konsistenya waktu buka TBM. Jadwal buka TBM lebih banyak menyesuaikan dengan waktu luang pengurus.

Dari segi kepengurusan terdapat juga persoalan. Para pengurus yang diawal sangat peduli dengan perkembangan TBM, kini memiliki orientasi yang lain. Akibatnya fungsi kepengurusan tidak bisa berjalan dengan baik. Dampaknya pun terlihat pada kurangnya aktifitas kegiatan di luar pelayanan peminjaman buku. Kegiatan pembuatan kerajinan tangan hanya ada diawal berdirinya TBM.

Namun keterpurukan itu akan segera berubah. Kisah kelam itu akan menjadi bagian sejarah dari Lingkar Pustaka. Mengutip dari proklamator RI, Soekarno, ”Jangan sekali-kali melupakan sejarah (JasMerah)”. Sejarah yang untuk dipelajari dan diambil hikmahnya sebagai bekal menata masa depan yang lebih baik.

Program kerja 2009 telah tersusun. Di dalamnya antara lain, pertemuan rutin pengurus, mendaur ulang sampah menjadi kerajinan, dan pendirian sudut baca atau rumah baca di dusun-dusun wilayah desa Suwayuwo. Kegiatan tersebut mengawali langkah kawan-kawan muda Lingkar Pustaka untuk ’menghidupkan’ kembali TBM. Hal tersebut memang tidak mudah. Tetapi dengan kebersamaan dan semangat untuk maju dari ’the young guns’ kawan-kawan muda di TBM Lingkar Pustaka, keberhasilan bukan hal yang mustahil. Teriak grup musik Kotak, ”Saatnya berAKSI....”

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.