Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Kamis, 15 Oktober 2009

Diskusi Pembuatan Proposal Pengembangan Usaha

Tanggal 15 Oktober 2009, dilaksanakan diskusi pembuatan proposal pengembangan usaha di rumah salah satu pengurus Taman Belajar Masyarakat (TBM) Nusantara. Hal ini dikarenakan proses pengecatan dan perbaikan TBM yang terletak di Balai RT 04 RW V Kelurahan Kali Rungkut, belum sepenuhnya selesai. Pengecatan kusen jendela masih dalam proses pengerjaan. Lantai TBM terlihat masih belum bersih dari sisa-sisa perbaikan dan pengecatan.

Acara diskusi diikuti oleh 8 pengurus TBM dan seorang pendamping TBM. Diskusi dimulai pukul 15.30 dan dipandu oleh Ibu Irul, Ketua TBM. Setelah pembukaan, peserta diberikan kisi-kisi proposal untuk dibaca saat itu juga . Adanya kisi-kisi dimaksudkan agar pengurus TBM memiliki panduan dalam penyusunan proposal. 5 menit berlalu, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan dari pendamping TBM mengenai maksud dan tujuan diadakannya acara ini.

Kemudian pendamping menjelaskan isi dari kisi-kisi proposal pengembangan usaha. Ada 4 pokok bahasan pada kisi-kisi tersebut, yaitu ringkasan proposal, latar belakang usaha, pemasaran, aspek produksi, penutup. Setiap pokok bahasan mempunyai penjelasan masing-masing.

Selama proses diskusi, tidak banyak peserta yang memberikan komentar atau pun ide untuk pengembangan usaha. Pemandu diskusi juga berupaya agar suasana diskusi lebih bersifat partisipatif. Namun hal tersebut bukan sesuatu yang mudah. Perlu proses pembelajaran agar pengurusTBM yang rata-rata ibu rumah tangga, mempunyai kemauan untuk berpartisipasi secara aktif dalam sebuah forum diskusi.

Menjelang magrib, diskusi sudah selesai. Bahasan Latar belakang usaha, produksi, pemasaran, dan penutup, telah terisi. Hasil diskusi tersebut akan disempurnakan oleh beberapa pengurus yang bertanggung jawab dalam membuat proposal usaha. Selanjutnya akan didiskusikan lagi dengan pendamping pada tanggal 21 Oktober 2009.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.