Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Kamis, 15 Oktober 2009

Proses Digitalisasi di TBM Mawar Surabaya

Proses digitalisasi pada dasarnya membantu manusia lebih praktis dalam pekerjaan.
Seperti halnya operasionalisasi di TBM, menghitung data pengunjung, peminjam dan lainnya. Itulah yang mendorong Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia bersama Program Pustaka Sampoerna membuat TBM Digital. TBM Digital ini nantinya akan menjadi pusat data base TBM di wilayahnya dan menjadi pioneer dalam mengambangkan TBM melalui digitalisasi informasi. 
TBM Digital area Surabaya pilihan jatuh pada TBM Mawar, karena syarat-syarat menjadi sebuah TBM Digital sudah terpenuhi; aliran listrik, pengurus kompeten dan  kepiawaian menyusun program. Sebelum menjadi TBM Digital, para pengurus diberi in house training MS.Office maupun pengenalan internet, agar mereka siap. 
Pelatihan hari pertama 12 Oktober 2009 diisi tentang belajar microsoft office word. Pagi itu peserta yang hadir 5 orang ibu dari pengurus TBM Mawar didampingi team yppi 2 orang sebagai tutor/pengajar.

Bermacam macam tingkatan dari yang tidak bisa komputer,kurang bisa sampai yang hampir mahir mengoperasikan microsoft office word dikuasai oleh ibu-ibu tersebut.
Sebagai jalan tengah akhirnya dipilih metode learning by doing, belajar  langsung praktek.   Dengan metode tersebut, ibu-ibu lebih cepat menerima materi yang yang diberikan.
Pelatihan berjalan lancar sampai akhir pelatihan yaitu mengeprint hasil yang telah peserta latih kerjakan yaitu microsoft word.

......
Hari Kedua tgl 13 Oktober 09 Pelatihan TBM Digital di TBM Mawar dengan materi microsoft office excel. Pelatihan hari ini dimulai lebih awal,karena kalau agak siang membuat Ibu-Ibu cepat capek dan kurang menangkap materi yang di ajarkan.
Pada hari pertama pelatihan, peserta mendapat materi Ms Word yang didalamnya terdapat fungsi untuk membuat laporan dalam bentuk narasi. Sedangkan di hari kedua, melalui program Ms Excel, peserta diberikan materi tentang penghitungan, pembuatan laporan dalam bentuk kolom dan grafik. Harapannya, mereka dapat menjalankan tugas administrasi baik internal maupun eksternal.

Pelatihan berjalan lancar dibawah bimbingan trainer dan pendamping peserta. Banyak sekali pertanyaan karena di bab ini lebih sulit dari sebelumnya,seperti penempatan merge,cell,insert sheet,del dan sebagainya.
materi yang diajarkan yaitu membuat kolom,penjumlahan,dan terakhir ditutup dengan membuat diagram sebagai laporan bulanan untuk tiap TBM.

......
Hari Ketiga Inhouse Training diisi dengan materi
pengenalan internet,browsing,chating dan
searching. Diawali dengan review pelatihan
kemarin yaitu office excel dengan membahas
kesulitan kesulitan yang masih dirasa oleh
peserta.

Pukul 10:30 sesi pelatihan untuk internet dengan
harapan nantinya peserta pelatihan dapat
memanfaatkan untuk komunikasi dari teknologi
ini. Pelatihan dimulai cara searching, pendaftaran
atau pembuatan account email,cara
menulis/mengirim email,cara cek inbox dan
hal-hal yang berhubungan dengan email.
Meski ada kesulitan karena kendala signal modem
yg kurang kuat tak membuat putus asa peserta
pelatihan. Berkali-kali dicoba akhirnya berhasil
juga koneksi tersambung,sehingga jadilah alamat
email baru dari TBM Mawar yaitu
tbmmawarsby@yahoo.com.

Tiba saatnya praktek mengirim email,sebagai test
ibu-ibu peserta pelatihan mencoba berkirim email
dengan yppi dan ternyata...berhasil. Tampak
senyum mengembang di wajah ibu-ibu karena usaha
mereka membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga
pelatihan bermanfaat bagi TBM Mawar untuk mengembangkan kemampuan penggunaan IT bagi pengurus dalam menjalankan tugas-tugas yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.