Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Jumat, 25 September 2009

TBM dalam Genggaman Generasi tak Lekang Oleh Waktu

Tua tua Keladi
Makin tua makin menjadi

Jika mengartikan secara positif peribahasa di atas, begitulah kira-kira gambaran suasana diskusi penyusunan program kerja TBM Mawar. Para pengurus TBM, selain serius mengikuti diskusi, tidak jarang pula memberikan komentar-komentar yang mengundang tawa satu sama lain. Hal ini menjadikan suasana diskusi terasa begitu akrab. Di antara hasil diskusi tersebut adalah direncanakan kegiatan pelatihan IT dan hibah buku untuk menambah koleksi TBM yang saat ini sudah mencapai 1000 eksemplar lebih.

TBM yang terletak di kompleks perumahan wilayah Rungkut Barata itu, tepatnya di gedung Balai RW IV, memiliki kekhasan tersendiri. Para pengurus TBM semuanya adalah ibu rumah tangga berstatus pensiunan dengan usia yang cukup berumur. Beberapa dari mereka pernah bekerja di instansi baik pemerintah maupun swasta dan di masa sekarang berupaya mengisi waktu luangnya melalui kegiatan di TBM.
Mereka sangat kompak dalam setiap aktivitas yang dilakukan di internal TBM maupun kegiatan yang digagas YPPI. Selain itu, para pengurus juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan pihak eksternal (selain YPPI). Hal ini dibuktikan dengan adanya sumbangan AC ke pihak TBM. Kombinasi antara solidaritas internal dengan fasilitas TBM yang lebih lengkap dibandingkan dengan TBM yang lain, sekali lagi mendapatkan sebuah apresiasi. Pada saat pelatihan di Tretes, seluruh TBM memberikan pilihan suaranya ke TBM Mawar untuk dijadikan TBM Digital.
Di tahun kedua ini, TBM sedang dipersiapkan untuk bisa mandiri baik dari segi manajemen maupun support material. Untuk itu diperlukan SDM yang mampu menunjang kebutuhan ke arah kemandirian. Kebutuhan akan SDM yang demikian juga sangat krusial di TBM Mawar. Oleh karena itu, semenjak bulan Agustus, direkrut tenaga relawan untuk membantu pengembangan TBM Mawar. Semoga dengan adanya relawan bisa memberikan semangat dan motivasi untuk lebih berkarya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.