Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Senin, 05 Juli 2010

Hand Over Buletin Jendela Pustaka di TBM Intan Pustaka

Pelan namun pasti, itulah kata yang pantas digambarkan dalam proses hand over buletin Jendela Pustaka berlangsung mulai Tgl 5 sampai 7 Juli 2010. Selepas pukul 18:00 Wib bertempat di TBM Intan Pustaka Ngadimulyo peserta hand over sudah berkumpul. Lebih dari sepuluh orang pengurus dan anggota baru TBM yang mengikuti ditambah tim YPPI Surabaya. Selain tujuan utamanya adalah hand over, dari TBM juga memperkenalkan wajah-wajah baru yang nantinya akan regenerasi dari pengurus dan anggota lama. Hand Over Buletin ini juga merujuk pada kemandirian TBM yang nantinya seluruh proses editing dan cetaknya diserahkan ke TBM Intan Pustaka sebagai salah satu TBM Digital.

Diawali dengan perkenalan Wahyu Kurniawan sebagai koordinator program baru YPPI dilanjutkan hand over buletin oleh Toni Kuswaji. Peserta semula mengira kalau materi hand over sulit diterima, karena dari peserta hanya beberapa yang faham program/software pendukung buletin. Setelah tutor menjelaskan dengan seksama, mereka paham dan tak sesulit yang dibayangkan sebelumnya. Dari beberapa materi pembuka hand over tidak dirasakan kesulitan,mulai dalam penulisan berita, penambahan foto pada halaman berita, dan pengeditan secara sederhana mengalir tanpa kesulitan. Sampai tidak terasa mendekati pukul 21:00Wib waktunya mengakhiri hand over hari pertama.

Hari kedua Peserta latih dicoba langsung praktek menulis dan menambahkan foto sesuai
berita yang ditulis. Sebelumnya diberikan background untuk halaman supaya lebih bervariatif dan tidak polos hanya warha putih. Dalam praktek, peserta bergantian menggunakan laptop untuk mengisi buletin halaman demi halaman sampai keseluruhan halaman buletin penuh.
Hari ke tiga Pelatihan Hand Over Buletin dititik beratkan ke praktek langsung penyempurnaan isi buletin,variasi font judul buletin, dan pengeditan cover depan melalui program pothoshop. Beberapa point masih menemui kendala karena program pothoshop lebih rumit daripada template pengisian berita dan gambar yang ada di program indesign. Peserta beberapa kali mengajukan pertanyaan tentang kesulitan yang dihadapi,namun berkat ketelitian dan pengarahan tutor akhirnya terselesaikan juga proses penggarapan cover buletin.

Hand Over Buletin Jendela Pustaka ini tidak berhenti disini saja,namun akan dilanjutkan pada pertemuan satu bulan 3 pelatihan sampai bulan Oktober. Diharapkan dari Hand Over ini, TBM Intan Pustaka bisa mandiri dalam proses pengolahan berita,pembuatan desain,juga sampai proses cetak pada bulan Nopember 2010 nanti.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.