Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Rabu, 16 Maret 2011

Pelatihan Blogdetik Untuk Guru di Pasuruan



Acara seharusnya dimulai pukul 14.00 W.I.B, Namun sejak pukul 13.25 W.I.B para peserta sudah hadir di BasCamp YPPI Pasuruan. Semangat mereka dikarenakan ingin segera belajar tentang cara membuat Blog.

Pelatihan Blog ini merupakan salah satu program YPPI yang selain membuat Program TBM (Taman Belajar Masyarakat) dan STO (Perpustakaan keliling) juga memberikan pelatihan-pelatihan ketrampilan untuk masyarakat. Kalau biasanya memberi pelatihan ketrampilan membuat kue, pelatihan kerajinan membuat unit usaha dan lain-lain, namun pada hari Rabu 16 Maret 2011 ini diadakan pelatihan Blog. Peserta dalam pelatihan ini diikuti sekitar 10 peserta karena keterbatasan komputer yang memang hanya memiliki 10 unit.

Untuk Tutor dalam acara ini di isi oleh salah satu Staf IT-Media YPPI bernama Ari yang sekaligus seorang bloger dan pengelola banyak blog dan website.

Dalam memberi pelatihan Blog ini Ari lebih merekomendasikan untuk membuat Blog dengan menggunakan BLOGDETIK dengan beberapa pertimbangan karena BLOGDETIK merupakan produk dalam negeri, Server Lokal, Mudah dipahami, Fitur lengkap, banyak pilihan tampilan (theme), Dukungan komunitas, Tulisan terbaik bisa muncul di blog pilihan dan masuh Headline utama detik.com, bisa dijadikan ladang dollar, dan masih banyak lagi kelebihan yang lain ketika ngeblog di BLOGDETIK.

Dalam pelatihan ini tidak diberikan banyak teori akan tetapi lebih kepada langsung praktek walaupun tetap diberikan penjelasan ketika ada kebingungan dari peserta. Isi dari pelatihan ini sendiri di mulai dari pengertian Blog dan sejarahnya dan jenis-jenis blog kemudian langsung praktek membuat blog di BLOGDETIK. Walaupun dalam prosesnya harus bersabar dan pelan-pelan dalam menjelaskan tapi pada akhirnya semua peserta sudah berhasil membuat blog, merubah tampilan blog, menulis di blog, mengedit tulisan di blog, menyisipkan gambar di tulisan blog, dan lain-lain.

Pelatihan yang berlangsung sekitar dua jam ini berakhir sekitar pukul 16.10 W.I.B. Hampir semua peserta merasa puas dan mereka langsung meminta untuk diadakan acara seperti ini pada minggu selanjutnya. Melihat begitu antusias peserta maka pihak YPPI mengabulkan untuk diadakan kembali acara pelatihan Blog untuk Guru ini pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2011 di tempat dan jam yang sama.

Semoga dengan diadakan pelatihan ini para guru bisa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran untuk menuliskan materi-materi pelajaran, kegiatan sekolah, atau yang lain selama itu memberi manfaat untuk para pembacanya. Bahkan sangat memungkinkan sekali dari blog selain untuk media pembelajaran sekaligus bisa di jadikan ladang mengeruk rupiah dan dollar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.