Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Jumat, 15 Oktober 2010

Kunjungan Dari Relawan Perpustakaan Kota Surabaya ke TBM Mawar

Pada hari Kamis, 14 Nopember 2010, Taman Belajar Masyarakat (TBM) Mawar, yang terletak di balai RW 03 Kelurahan Rungkut Bharata, kembali mendapatkan kunjungan tamu, kali ini adalah rombongan dari Perpustakaan Kota Surabaya, yang memiliki program relawan perpustakaan kota Surabaya. Dimana kali ini program tersebut telah menginjak pada angkatan ke tiga.

Para relawan tersebut akan bertugas di berbagai taman belajar masyarakat yang ada di beberapa wilayah di kota Surabaya. Oleh karena itu Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Surabaya merasa perlu untuk mengantarkan para relawan tersebut untuk dapat melakukan study banding ke beberapa taman belajar masyarakat serta perpustakaan yang di di wilayah kota Surabaya, diantaranya adalah TBM Mawar. Hal ini dikarenakan TBM Mawar dirasa mampu mewakili sebuah TBM ideal yang dapat dijadikan percontohan tentang pengelolaan taman belajar masyarakat yang dikelola dengan baik dan memberikan manfaat untuk warga sekitarnya.

Pada pagi hari itu, sekitar pukul sepuluh pagi, rombongan yang dipimpin oleh bapak Basuki Suranto selaku kepala bagian kepegawaian tiba di TBM Mawar , diikuti oleh para relawan. Disana mereka disambut oleh para pengurus TBM Mawar yang telah mempersiapkan penyambutan kunjungan. Rombongan diterima oleh pengurus dan pertemuan teresebut diawali oleh sambutan oleh pengurus TBM yang diwakili oleh bu Dien dan kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh bapak Basuki Suranto selaku pimpinan rombongan. Dalam sambutanya beliau memaparkan tentang maksud dari kunjugan tersebut, dan setelah itu langsung dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan dari pengurus TBM Mawar tentang sejarah lahirnya TBM, waktu dan sistim layanan yang dipergunakan.

Selain itu juga dipaparkan perihal kegiatan pendukung yang menjadi sarana penarik minat pengunjung serta dapat menjadi perekat sesama anggota pengurus, sehingga program layanan tersebut dapat berlanjut terus dengan pengelolaan secara swadaya dari pengurus dan warga. Setelah menyimak pemaparan tersebut, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari koordinator program YPPI, selaku LSM pendamping TBM Mawar dan selaku penanggung jawab Progam Pustaka Sampoerna . Dalam paparanya, disampaikan perihal pola pendampingan yang YPPI lakukan terhadap beberapa TBM yang ada serta dukungan lain yang diberikan.

Seusai pemaparan tersebut acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara para relawan dan pengurus TBM. Beberapa pertanyaan dilontarkan , antara lain, bagaimana latar belakang PT HM Sampoerna memberikan dukungan pada program tersebut, lalu bagaimanakah dengan pendanaan TBM serta bagaimana menarik minat pengunjung.
Seusai sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan peninjauan ke dalam ruangan baca di TBM Mawar.

Menurut pengamatan dari penulis, rombongan tampak antusias atas kunjungan tersebut dan berkeinginan untuk bekunjung kembali untuk berkonsultasi berbagai hal terkait dengan pekerjaan dan tugas yang akan mereka hadapi di lapangan nanti selaku pengelola progam taman bacaan masyarakat atau perpustakaan dimana mereka nanti ditempatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.