Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Minggu, 10 Oktober 2010

Gathering Taman Belajar Masyarakat

Minggu, 3 Oktober 2010, bukan sekedar hari libur biasa, khususnya untuk para pengurus Taman Belajar Masyarakat (TBM) Program Pustaka Sampoerna di wilayah kota Surabaya dan kabupaten Pasuruan, khususnya di seputar pabrik Sampoerna. Hal ini dikarenakan pada hari itu, mereka bertemu dalam sebuah ajang kumpul yang merupakan kegiatan rutin 4 bulan sekali. Ajang kumpul yang biasa disebut “Gathering” merupakan kegiatan rutin dimana seluruh pengurus TBM tersebut berkumpul duduk bersama untuk menjalin hubungan, mempererat tali persaudaraan sesama pengurus serta mendiskusikan berbagai permasalahan yang ditemukan selama mengelola TBM tersebut.


Acara tersebut telah dipersiapkan berminggu minggu sebelumnya dan melibatkan kepanitiaan yang terdiri dari para anggota pengurus TBM dari dua wilayah tersebut. Gathering kali ini memilih wisata Agro Wonosari yang merupakan area perkebunan teh milik PTP 12 yang terletak di wilayah Lawang, Kabupaten Malang. Pada hari itu, tercatat sekitar 80an peserta mengikuti acara tersebut yang dimulai sekitar pukul 10.15 pagi. Acara dibuka dengan pembukaan dan pengantar pertemuan yang disampaikan oleh direktur YPPI, mbak Trini.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan tentang berbagai hal diataranya yaitu, tentang update program yang selama ini telah dijalankan, baik itu oleh YPPI serta seluruh TBM yang terlibat dalam program. Pada kesempatan itu disajikan juga tentang rencana kerja untuk masa program periode mendatang, khususnya program Pustaka Sampoerna.
Setelah itu peserta yang merupakan pengurus TBM diminta untuk menyampaikan berbagai hal antara lain kesan, harapan dan pesan mereka selama menjalankan program. Semua masukan menjadi catatan untuk YPPI selaku pemegang mandat untuk program tersebut. Program pendampingan tersebut adalah progam partisipatif, dimana semua anggota kelompok dampingan diminta terlibat aktif dan YPPI menempatkan diri sebagai fasilitator program. Untuk itu keberhasilan program pendampingan adalah dimana pemberdayaan yang dilakukan memberikan dampak positif bagi kelompok dampingan dan hal tersebut akan berkelanjutan terus walaupun masa program telah berakhir.
Setelah makan siang, acara bebas, maka peserta dipersilahkan untuk menikmati pemandangan alam kebun teh di wisata Agro wonosari yang berada dibawah kaki gunung Arjuno yang berhawa sejuk tersebut serta menikmati serangkaian fasilitas permainan serta beraneka sajian makanan dan buah tangan yang tersedia di lokasi kebun teh. Dan tepat pukul 15.30 peserta meninggalkan lokasi wisata.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.