Agenda

TBM Pasuruan : 1. TBM Surabaya : 1.

Senin, 22 November 2010

Laporan kunjungan ke TBM dan STO

Sosialisasi program pustaka Sampoerna
2010-2011


Dalam rangka persiapan program PPKS Sampoerna untuk ronde berikutnya yang diperkirakan dimulai bulan Nopember 2010, maka dengan ini Tim YPPI mengadakan kunjungan kepada kelompok dampingan TBM dan lokasi STO diwilayah Surabaya dan Pasuruan mulai tanggal 22 Oktober hingga 5 Nopember 2010. Pada kesempatan tersebut, tim YPPI melakukan serangkaian pembicaraan (diskusi) dengan sub topik sebagai berikut:
1. Update progress program dan kegiatan masing masing TBM, termasuk menganalisa jumlah pengunjung ( berdasarkan umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan, peminatan jenis buku bacaan dll)
2. Kemajuan dan hambatan dan permasalahan yang ditemui selama program berjalan pada rounde sebelumnya, termasuk menganalisa kepengurusan diantaranya motivasi dan kekompakan tim,
3. Update progress program unit usaha yang telah terbentuk
4. Kemajuan dan hambatan dan permasalahan yang ditemui dalam menjalankan unit usaha selama program berjalan
5. Rencana mendatang program unit usaha yang masih berjalan
6. Menganalisa hambatan dan faktor penyulit program unit usaha yang mengalami kendala atau tidak berjalan.

Hasil dari kunjungan tersebut dicatat beberapa hal yang menjadi dapat menjadi perhatian untuk tim YPPI

- Pada beberapa TBM terjadi berkurangnya partisipasi dan keterlibatan pengurus, hal terjadi akibat kesibukan warga yang tidak dapat meluangkan waktu untuk terlibat aktif dikarenakan serangkaian alasan .
- Pada beberapa TBM tidak dapat melakukan layanan secara rutin, dikarenakan tidak adanya pengurus TBM yang dapat meluangkan waktu untuk berpartisipasi memberikan layanan.
- Pada beberapa TBM ditemukan belum maksimalnya pencatatan kunjungan, hal dikarenakan pada beberapa TBM tidak melakukan pencatatan kunjungan secara sistematis.
- Pada beberapa TBM juga terdapat unit usaha yang dapat berjalan baik namun pada ada yang tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk itu diperlukan serangkaian strategi pendampingan yang lebih komprehensif agar TBM yang memiliki unit usaha, seluruhnya dapat berjalan baik sebagaimana mestinya.

Sedangkan Untuk layanan perpustakaan keliling atau Stop Over (STO), didapat beberapa catatan sebagi berikut :
· Warga masih berminat dengan kunjungan layanan STO
· Warga masih berminat dan berkeinginan untuk mengikuti serangkaian kegiatan antara lain pemutaran film bersama, diskusi beberapa topik pendidikan dan kesehatan serta pelatihan ketrampilan atau soft skill.
· Warga menginginkan pelatihan ketrampilan yang berkesinambungan sehingga kemampuan dan ketrampilan yang harus di miliki dapat tuntas dipelajari hingga tingkat mahir.

Berdasarkan serangkaian catatan yang didapat selama kunjungan ke TBM dan STO di Surabaya dan Pasuruan, maka tim YPPI mendapatkan gambaran dan bekal dalam rangka penyusunan program kerja dan strategi pendampingan yang akan dilakukan untuk periode 2010-2011. Dengan harapan bahwa program yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik, didukung masyarakat dan partisipasi yang besar dari pengurus TBM , tokoh masyarakat serta warga setempat. (Wah.)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
tbm-online. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.